Pramuka SMA YKPP Kembali Berpartisipasi dalam Kegiatan Karya Bakti Pramuka (KARTIKA) XII Se Indonesia

Dipublikasikan oleh SMA YKPP PENDOPO pada

Pendopo, Tirai YKPP. Kegiatan Kartika XII se-Indonesia adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh UIN Raden Fatah Palembang yang bekerjasama dengan Kwarcab Kabupaten PALI serta Pemerintah Kabupaten PALI yang kali ini diadakan di Desa Spantan Jaya, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI. Sedikitnya ada 17 Provinsi yang ambil bagian pada kegiatan ini. Konsep kegiatan yang terdapat dalam Kartika ialah Kerja Bakti dengan memiliki misi yang intinya Membangun dan Memperbaiki Desa Spantan, mulai dari membuat tugu, membuat WC untuk siswa SD, serta membuat tugu Pramuka serta memperbaiki perpustakaan di desa tersebut.

Pramuka SMA YKPP mengirim 11 wakil terbaiknya pada kegiatan tersebut, di antaranya ialah Jeki Saputra, Gali Rizki, Egi Adindra, Vito Firdaus, Ariq Tanza, Regil Sonaraya, Yabes, Aprilyansyah, Apra Aviva, Ega Febriana, dan Rizki Amalia Safitri.

Selain kegiatan di atas, Kartika juga menyajikan kegiatan sosialisasi Scout Entrepreneurship. “Di Scout Entrepreneurship kami dibekali ilmu untuk menjadi pengusaha. Selain itu ada juga sosialisasi PHBS, Keluarga Berencana, Penanggulangan Bencana di bawah naungan DAMKAR, pelatihan shalat jenazah, pengolahan zakat, dan juga membuat kaligrafi di masjid-masjid yang ada di sana. Ada banyak pengalaman dan ilmu berharga yang kami dapat dari kegiatan ini.” Jelas Ega ketika ditanya perasaannya setelah pulang dari kegiatan pramuka tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Gubernur Sumatera Selatan yang mewakili, Bupati PALI Ir. H. Heri Amalindo, serta pejabat daerah lainnya. Kegiatan yang diadakan selama 10 hari (27/07/2019 sampai 04/08/2019) ini juga dilengkapi dengan kegiatan bedah buku oleh seorang penulis, Kak Rohadi.

Ega menuturkan harapannya untuk Pramuka yang ada di Kabupaten PALI serta anak muda yang ada di PALI. “Harapan saya setelah kegiatan Kartika ini, semoga di PALI ada kegiatan selanjutnya dan PALI menjadi tuan rumah lagi. Sukses dan jaya terus untuk Kabupaten PALI. Harapan saya juga untuk pemuda PALI semoga generasi  muda yang ada di PALI ini bisa lebih berkarya lagi, bisa membuktikan kalau generasi millenials PALI tidak kalah hebat dengan kota lain. Smoga Pramuka di PALI bisa membuat karya bukan hanya menjadi followers saja biar bisa mengangkat derajat Indonesia. Oh iya sampai bertemu di Kartika se-Indonesia yg ke XXIII tahun 2020.”

Ega dkk juga menyampaikan ucapan terimakasih banyak untuk Bapak Drs. H. Soemarjono atas bantuannya yang begitu besar dan baik untuk gudep Pramuka SMA YKPP. (rahmadinarl)

Kategori: Berita